Saturday, August 30, 2008

Peta Indonesia

Inilah peta Negara Indonesia. Terdiri atas 32 atau dapat dikatakan 33 provinsi. Dan indonesia diapit oleh 2 benua dan 2 samudera. Yaitu, Benua Asia dan Benua Australia, dan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.
Indonesia terdiri atas 18.000 pulau. Yang didiami penduduk hanya 6.044 pulau saja. Karena, sudah ada juga yang tenggelam. Luas daratannya 1.922.570 km persegi. Dan perairannya seluas 3.257.483 km persegi. Jadi, total seluruhnya 5.180.053 km persegi.
Panjang garis pantai Indonesia adalah sepanjang 81.497 km persegi. Pulau - pulau utamanya adalah pulau Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya.

Pola angin di Indonesia ada 2, yaitu angin muson dan angin setempat:
A. Angin Muson
Angin muson adalah angin yang bertiup 6 bulan sekali dan berbalik arah. Angin muson terbagi 2, yaitu:
1. Muson timur
2. Muson barat
Angin muson timur adalah angin yang bertiup antara bulan April - Oktober. Angin ini berasal dari daratan Australia yang berasal dari daerah gurun. Oleh karena itu, angin muson timur ini kering dan membawa hawa panas. Dan apabila angin ini bertiup, akan terjadi musim kemarau. Angin ini adalah lawan dari angin muson barat.
Angin muson barat adalah angin yang bertiup antara bulan Oktober - April. Angin ini berasal dari Samudera Pasifik yang banyak membawa uap air dari samudera yang luas. Oleh karena itu, angin ini basah dan membawa rintik air. Dan apabila angin ini bertiup, akan terjadi musim hujan.

B. Angin Setempat
Angin setempat adalah angin yang terjadi hanya di daerah setempat. Angin ini terbagi 3, yaitu:
1. Angin darat & laut
2. Angin gunung & lembah
3. Angin jatuh atau angin Fohn

Indonesia juga punya pola iklim tersendiri. Pola iklimnya ada 5 jenis:
1. Iklim Matahari
2. Iklim Fisik
3. Iklim menurut Junghuhn
4. Iklim Musim
5. Iklim Koppen

No comments:

Post a Comment

E, pada komentarin blog kita - kita ya....

Post a Comment