Saturday, August 23, 2008

Pancasila


Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang memiliki semboyan "BHINNEKA TUNGGAL IKA". Terdiri dari kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti dasar. Pancasila merupakan ideologi terbuka. Sebagai ideologi terbuka, Pancasila memberikan orientasi ke depan yang mengharuskan bangsanya untuk selalu menyadari situasi kehidupan yang sedang dihadapinya, terutama menghadapi globalisasi dan era keterbukaan dunia dalam segala bidang.
Pancasila punya kedudukan dan fungsi bagi bangsa dan negara Indonesia, yaitu:
1. Pandangan hidup
2. Dasar negara
3. Kepribadian bangsa
4. Perjanjian luhur rakyat Indonesia
Pancasila juga punya visi dan misi tertentu.
Visi
Terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkehidupan, berdaya saing, maju, dan sejahtera, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkedasaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki eros kerja yang tinggi, dan berdisiplin.
Misi
Pengamalan Pancasila secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Peningkatan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari - hari untuk mewujudkan kualitas kemanusiaan dan katakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan dan mantapnya persaudaraan umat beragama yang berakhlak mulia, toleran, rukun, dan damai.
Pancasila juga melewati proses perumusan yang terbagi menjadi 5:
1. Masa persidangan 1
2. Masa persidangan 2
3. Piagam Jakarta
4. Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
5. Pengesahan Pancasila sebagai Dasar Negara dan UUD 1945.

No comments:

Post a Comment

E, pada komentarin blog kita - kita ya....